Site Overlay

PSIKOLOGI MOTIVASI PART 2

Sebelum kamu baca mengenai psikologi part 2, alangkah baiknya kamu membaca dulu di psikologi motivasi part 1 ya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan selain 5 point sebelumnya.

Cara Membangkitkan Motivasi

1.Tetapkan tujuan dengan memberikan batas waktu

Perhatikan hasil kamu dengan tujuan yang bisa diukur dan jangan lupa berikan batas waktu. Caranya adalah dengan menentukan apa yang kamu inginkan.

Kamu harus bisa memberikan batasan yang akan kamu capai, agar motivasinya tetap terarah.

Ketika  kamu membutuhkan motivasi, yang harus ditentukan pertama-tama yaitu menentukan Langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan buat sespesifik mungkin.

Dan apabila tujuan kamu diberi batas waktu, kamu akan berkerja lebih keras untuk mendapatkannya.

2.Uang merupakan motivator

Para peneliti mengemukakan bahwa uang adalah salah satu sebagai faktor kekuatan pendorong.

Uang adalah contoh klasik dari motivasi ekstrinsik dan efektif. Contohnya jika di suatu pekerjaan, ternyata apa yang kamu kerjaan tidak sesuai dengan bayarannya, maka kamu cenderung akan menunda-nunda pekerjaan dan tidak akan merasa bersemangat.

Bila tanggung jawab kerjaan kamu besar, lalu kamu memperoleh gaji yang besar pula, itu akan menambah motivasi dalam bekerja karena apa yang kamu kerjakan akan sesuai dengan hasil yang di harapkan.

Untuk memotivasi karyawan, bisa dengan memberikan bonus atau insentif tunai lainnya yang akan meningkat kinerja

3.Bekerja sama dalam mengerjakan tugas bisa meningkatkan motivasi

Bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama walaupun hanya dua orang atau kelompok akan meningkatkan motivasi.

Kegiatan ini bisa dilakukan di sekolah, kampus maupun tempat kerja. jangan mengerjakan sebuah proyek sendiri, kamu harus mencari seseorang yang mempunyai antusiasme yang sama.

Jika kamu menyukai satu hobi, carilah teman yang mempunyai hobi sama juga. Karena ketika seseorang kurang motivasi, maka yang lain akan mempengaruhi orang tersebut.

4.Sumber motivasi akan berbubah ketika kita bisa mengembangkan tujuan

Ketika kamu pandai penetapkan tujuan dan merasa bisa termotivasi, maka otomatis kamu akan melakukan yang lebih.

Misalnya kamu berusaha untuk menurunkan berat badan, namun apa yang kamu lakukan belum terlalu efektif, maka kamu akan mencari alternative lain demi mencapai tujuan tersebut.

Misalnya kamu membeli celana jeans atau baju yang lebih kecil daripada ukuran biasanya, kamu akan langsung berpikir ‘bagaimana saya bisa mencapai berat badan yang ideal terlebih celana jeans yang kamu beli akan cukup’.

Memiliki berbagai strategi memotivasi diri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Ketahuilah bahwa motivasi akan berubah ketika kamu mengerjakan tujuan yang lebih

5.Jadikan kebiasaan

Yang terakhir mungkin ini yang terpenting dari semua aspek. Dengan motivasi ada beberapa variabel untuk kemajuan diri.

Saat kamu merasa kekurangn motifvasi, tidak peduli seberapa efektif yang kita rasakan dan kita gatau seberapa besar menghargai hasilnya. Jika kita tidak merubah itu menjadi kebiasaan, kita tidak akan bergantung terus pad amotivasi.

Bagian yang tersulit yaitu bagaimana menciptakan kebiasaan baru. Kebiasaan yang dibentuk harus didasarkan pada pada pengulangan infornasi di otak kamu sehingga suatu tindakaan akan otomatis terlaksana dan tidak lagi terikat pada syarat motivasi.

Selain pengulangan, kamu harus bisa menghapus syarat yang memicu kebiasaan yang kamu coba dan berhenti untuk memciu perilaku yang kamu inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *