Site Overlay

SEBENERNYA APASIH PENYEBAB INSECURE ITU?

Mungkin kita semua udah gak asing dengan kata yang satu ini, ‘insecure’ yang sering banget dirasakan oleh kaum milenial termasuk kaum perempuan. Insecure merupakan perasaan yang gak aman entah itu dengan lingkungan, dirinya sendiri, karena kekurangan pada diri, rasa malu, rasa bersalah dan rasa gak mampu.

Perasaan seperti ini pastinya pernah dialami dan mungkin sedang berada di posisi insecure akan suatu hal tanpa disadari. Insecure ini hal yang sangat wajar dan gak mungkin bisa hilang, walau sebenernya pemikiran seperti ini bisa ubah namun gak akan bisa hilang secara langsung. Karena sebenernya insecure itu bisa berubah-rubah, misalnya dari yang awalnya insecure terhadap a, entah kapan atau esok harinya kamu bisa insecure terhadap b.

Pokonya insecure ini bisa dipicu oleh hal apapun, apalagi saat kita berada di proses tumbuh dewasa, perasaan seperti ini akan selalu ada. Lalu hal apa saja ya yang bisa jadi pemicu seseorang menjadi insecure?

1.Pertemanan yang gak sehat

Gak usah liat yang jauh-jauh dulu, coba perhatikan circle disekeliling kamu, apakah pertemanan kamu sehat atau engga? Karena tanpa disadari, sebenernya ada beberapa teman yang bikin toxic. Misalnya dengan melontarkan kata-kata negatif atau respon yang gak baik akan suatu hal yang sebenernya buat kita bahagia. Nah teman-teman seperti itulah yang malah buat kita down dan kehilangan percaya diri. Biasanya yang sudah temenan deket dan lama akan lebih berani dalam berucap dan bertindak, tapi lebih baik pikir-pikir lagi, karena kita gak tau bagaimana keadaan atau mood orang tersebut.

2.Social Media

Social media memang sudah melekat pada kehidupan seseorang, tak heran sehari-harinya mereka pasti membuka social media. Tapi ternyata ada beberapa hal yang kita lihat dari media social itu bikin toxic dan berujung insecure. Misalnya dari update-an seseorang saat berlibur, dalam bergaya, gaya hidup yang mewah, kesuksesan, dan masih banyak lagi kebahagian-kebahagiaan orang yang lain yang malah bisa bikin kita insecure.

Karena dengan banyaknya postingan seperti itu malah membuat kita jadi sering membandingan diri dengan orang lain, apalagi dalam hal pencapaian hidup. Itulah yang bisa menyebabkan kurangnya bersyukur.

3.Terlalu mendengarkan orang lain

Mendengarkan saran atau nasihat dari orang lain itu baik. Tapi setidaknya kamu bisa memilih mana perkataan yang memang buat kamu menjadi lebih baik dan mana perkataan yang malah bikin kamu jadi down. Lebih baik ambil omongan-omongan positifnya saja, jangan sampai kalimat-kalimat negatif yang mereka lontarkan malah jadi buat kamu kepikiran.

Sebisa mungkin hidupmu jangan dikendalikan oleh orang lain. Memang hidup itu perlu di kritik tapi kamu pun harus bisa mengontrol diri untuk mengambil sisi positif dari kritikan tersebut, jangan malah tambah insecure ya.

4.Kurang bersyukur

Seperti yang tadi sudah dikatakan diatas, dimana jika kita gak pernah bersyukur hidup itu gak akan ada habisnya untuk membandingkannya dengan orang lain. Padahal semua udah ada porsinya masing-masing, rezekinya sendiri-sendiri. Tuhan pun sudah memberikan yang terbaik buat umatnya kok. Jadi jangan buat standar hidup kamu harus setara dengan standar orang lain. Mulai dari sekarang kamu harus bisa melihat apapun dari sisi positifnya, jadi kamu pun gak akan cape sendiri.

5.Kurang mengenali diri sendiri

Inget ya guys kalau kita itu hidup udah diciptakan sedemikian rupa dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. So kamu gak perlu iri dengan orang lain, iri boleh tapi jadikan itu sebagai motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan begitu kamu akan semakin cinta pada diri sendiri dan buat kamu lebih pede.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *